Pengolahan Limbah Radiokatif dengan ZEOLIT

Zeolit adalah mineral dengan struktur kristal alumino silikat yang berbentuk rangka (framework) tiga dimensi, mempunyai rongga dan saluran, serta mengandung ion Na, K, Mg, Ca, Fe serta molekul air. Pada beberapa kasus penurunan zat radioaktif Sr-90 dan ion Fe, dikembangkan zeolit modifikasi yaitu Mn-Zeolit (Zamroni, 2000). Langkah dalam pembuatan Mn-Zeolit adalah sebagai berikut :

  1. Zeolit yang digunakan dibersihkan dari kotoran dan batuan lain kemudian dikeringkan di udara. Zeolit alam dihaluskan dan diayak untuk mendapatkan ukuran partikel zeolit 35-50 mesh. Zeolit dimurnikan dengan cara direfluk dengan air demin selama 24 jam untuk mendapatkan zeolit bersih dari pengotor.
  2. Zeolit murni yang sudah diperoleh kemudian direndam dengan larutan KMnO4 konsentrasi 0,1M selama 24 jam. Zeolit yang sudah direndam kemudian dicuci dengan air demin sampai bersih dari larutan KMnO4
  3. Zeolit yang sudah bersih tersebut merupakan material Mn-Zeolit, yang kemudian dipanaskan dengan temperatur 100oC sampai kering.

Mn-Zeolit yang sudah diaktivasi dikontakkan dengan limbah Sr-90 dan Fe2+ dalam berbagai variasi waktu. Beningan yang didapat kemudian dipisahkan dan dianalisis menggunakan Liquid Scintillation Chromatography (LSC) dan Atomic Absorbsi Spectrometer (AAS). Akan tetapi penelitian penerapan zeolit pada limbah radioaktif perlu dikembangkan lebih lanjut untuk spesifikasi limbah PLTN dengan pertimbangan struktur zeolit, mekanisme difusi ion, termodinamika dan kinetika reaksi pertukaran ion, sehingga dapat diaplikasikan untuk jenis limbah radioaktif selain Sr-90.

Referensi :

Zamroni. H., (2000), Pembuatan Mn-Zeolit untuk penyerapan limbah radioaktif Sr-90 dan Limbah Fe, Pusat Pengembangan Pengelolaan Limbah Radioaktif

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s