Kajian Emisi Kendaraan Bermotor

Abstrak :

Dari sekian banyak bentuk pencemaran yang ada, pencemaran udara akibat banyaknya kendaraan bermotor menempati urutan pertama diatas sumber pencemar lain seperti pembakaran stationer, proses industri, pembuangan limbah padat dan lainnya. Jumlah kendaraan bermotor yang semakin meningkat dari tahun ke tahun menimbulkan keprihatinan apabila tidak didukung dengan upaya pengontrolan emisi buangan dari kendaraan bermotor tersebut.

Banyaknya faktor yang mempengaruhi kadar emisi buang kendaraan roda empat, menyebabkan perlunya pengkajian yang mempelajari pengaruh berbagai faktor dari kendaraan terhadap kadar emisi buang. Dalam hal ini pengkajian lebih dispesifikkan pada faktor kendaraan kapasitas silinder dan umur mesin serta parameter pencemar Hidrokarbon.

Dari data yang didapat, umur mesin menunjukkan pengaruh yang lebih besar terhadap kadar emisi Hidrokarbon kendaraan bermotor dibandingkan kapasitas mesin. Akan tetapi interaksi antara kedua faktor tersebut tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kadar emisi Hidrokarbon, sehingga dapat dikatakan bahwa penanggulangan polusi akibat emisi kendaraan tidak bisa hanya melihat kedua faktor tersebut diatas tetapi lebih mengarah kepada Public Participation melalui pemeliharaan dan perawatan secara proaktif.

Kata kunci : Emisi, Umur Mesin, Kapasitas Silinder, Public Participation

Abstract :

Vehicle is the major source that causes air pollution besides stationary incineration, industrial process, solid waste disposal, etc. Exposure to increasing total number of vehicles, are potentially serious public problem if it is not balancing with the efforts to controlling and monitoring it.

This condition urges some research to find the correlation between many factors in vehicle which are potentially causes emission especially hydrocarbon.

The recent study of vehicle emission find that life time of machine give more contribute to air pollution than cylinder capacity. But the correlation both of  them have not relevancy to restrict  or eliminate the number of vehicle which can be operated. In this case, public participate approach may play a significant role to minimize air pollution from vehicle combustion.

Key words : Emission, Life Time Machine, Cylinder Capacity, Public Participation

Adolf Leopold Sihombing

E-mail : leopoldsihombing@yahoo.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s